Review Hotel Kou Va (Ko Wah) Macau

Berkunjung ke Hong Kong tidak lengkap rasanya bila tidak mampir ke Macau. Walau bisa disinggahi dalam waktu satu hari. Tapi kami berencana untuk menginap dua malam di negara ini. Terlalu lama? Tak papa,, biar makin ahli “bermain” nantinya. Hahaha..๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Beberapa traveler akan lebih memilih untuk mencoba kamar hotel bintang 5 di negara ini. Hotel setingkat Venetian, City of Dreams, Wynn, dkk memang menggiurkan untuk diinapi. Satu kamar dengan harga paling murahnya bisa diinapi hingga 8 orang. Bahkan ada yang nekat memasukkan 12 orang ke dalam kamar hotel-hotel tersebut. Tapi begitu saya melihat harga yang ditawarkan, lalu rekening tabungan, musnah sudah keinginan saya untuk menginap di hotel-hotel elite itu. Hahaha..๐Ÿ˜€

Hotel Wynn, salah satu hotel berbintang 5 di Macau.

Hotel Wynn, salah satu hotel berbintang 5 di Macau.

Hotel pertama yang jadi akomodasi saya di Macau adalah Hotel Kou Va. Dari sisi harga, termasuk agak lebih mahal daripada penginapan murah meriah yang saya pilih di Golden Crown Court Hong Kong. Belum baca ceritanya? Klik disini untuk review nya ya.. Selain karena bentuknya memang “hotel”, bukan bangunan dengan berbagai macam penginapan didalamnya, kamarnya juga lebih besar dan manusiawi dibandingkan dengan kamar-kamar hotel di Hong Kong.

Tampak depan Hotel Kou Va. Posisinya persis sebelah Villa Universal.

Tampak depan Hotel Kou Va. Posisinya persis sebelah Villa Universal.

Hotel Kou Va ini letaknya di Rua da Felicidade, yang kalau ga salah, artinya “jalan kesenangan”. Karena disepanjang jalan ini banyak toko-toko yang menjual cemilan, makanan, dan oleh-oleh bagi wisatawan. Sayangnya seluruh makanan itu tidak bisa saya cicipi, karena mayoritas kehalalannya diragukan. Huhu..

Beberapa hotel di jalan yang sama dengan Hotel Kou Va

Beberapa hotel di jalan yang sama dengan Hotel Kou Va

Sepanjang Rua da Felicidade ini juga terdapat beberapa penginapan dengan harga terjangkau. Dari Villa Universal, Ole Tai Sam Un, hingga Hotel San Va. Ketiga hotel yang saya sebutkan tersebut juga merupakan incaran traveler bila berkunjung ke Macau.

Pastelarie Koi Kei, tempat favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Macau.

Pastelaria Koi Kei, tempat favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Macau.

Posisi Hotel Kou Va berada persis di depan Koi Kei Pastelaria, yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk membeli dendeng babi, kue kacang, dan egg tart nya. Tapi sekali lagi, keuntungan ini tidak menjadi keunggulan untuk saya. Huhuu..

Pemesanan Hotel Kou Va pada awalnya hanya bisa dilakukan langsung via telpon. Namun beruntungnya, saya melihat tawaran harga hotel ini ada di Agoda beberapa saat sebelum hari keberangkatan. Di awal saya sempat ragu karena sepertinya mereka baru memasukkan tawaran di Agoda ini. Belum ada review, apalagi angka penilaian dari penginap (yang biasanya menjadi patokan saya dalam menentukan penginapan itu bagus atau tidak). Ditambah dengan cerita dari traveler lain, bahwa satu-satunya cara menghubungi hotel ini adalah melalui telpon, walaupun mereka memiliki alamat email tapi email yang dikirimkan belum pernah ada yang dibalas. Dan, bila berkomunikasi, lebih baik dengan menggunakan bahasa kanton/mandarin. Makin galaulah saya dibuatnya.

Tapi kegalauan itu hanya berlangsung semalam. Keesokan harinya saya nekat memesan kamar Hotel Kou Va via Agoda. Selang beberapa hari, saya mencoba untuk mengemail mereka. Alhamdulillah nya email saya dibalas. Rasanya legaaaaaaa pisan!๐Ÿ™‚

Lokasi Hotel Kou Va, halte bus No. 10 dari terminal ferry, dan jarak ke senado square. Semua dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Lokasi Hotel Kou Va, halte bus No. 10 dari terminal ferry, dan jarak ke senado square. Semua dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Lokasi hotel ini cukup dekat dengan tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi di Macau. Senado Square, Ruins of St. Paul, Macao Museum, hingga Grand Lisboa dan Hotel Wynn bisa didatangi dengan berjalan kaki dari hotel.

Dari terminal ferry, hotel ini dapat dijangkau dengan menggunakan bus No. 10 atau 10A dan turun di Av. Alm. Ribeiro, Largo do Senado (KamPek Community Centre). Biaya perorangnya hanya MOP 3,2 dan harus dibayar dengan uang pas ya.. Kartu octopus tidak bisa dipakai di Macau ya..

Untungnya lagi, kami sempat menemukan supermarket yang menjual makanan halal (read: indomie, oreo, richeese nabati) yang diimpor dari Indonesia, yang posisinya cukup dekat dengan hotel ini.

Pemandangan dari lantai 3 Hotel Kou Va

Pemandangan dari lantai 3 Hotel Kou Va. Hotel Grand Lisboa bisa terlihat atapnya pada gambar kanan bawah.

Kami memesan kamar bertipe โ€œStandard Double Roomโ€ di hotel ini. Ketika check in, resepsionis akan meminta deposit sebesar MOP 200 yang akan dikembalikan saat check out. Kamar kami terletak di lantai 3 yang dapat dijangkau dengan menggunakan lift kecil disamping tempat resepsionis.

Standard Double Room

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, kamar standard double room kami sungguh sangat besar bila dibandingkan dengan kamar penginapan kami sebelumnya di Hong Kong. Tempat tidurnya bisa ditempati oleh tiga orang. Extra bed, mungkin bisa masuk dua kasur. Kamar mandinya luas, lengkap dengan sampo, sabun cair, sikat gigi, odol, sisir, dan handuk. Sayangnya bangunan dan kamarnya sudah lumayan berusia. Saat kami disana, terlihat beberapa tumpukan keramik untuk lantai, mungkin untuk beberapa kamar yang sedang direnovasi.

Kamar Mandi Hotel Kou Va

Selain itu, hati-hati bila menggunakan kamar mandi. Karena cenderung licin bila dalam kondisi basah. Kekurangan lainnya, mereka juga tidak menyediakan air minum gratis. Pilihan utamanya adalah membeli air minum kemasan di minimarket terdekat, atau memasak air menggunakan pemanas air listrik yang disediakan di kamar.

Secara keseluruhan, saya memberi hotel ini penilaian 7 dari 10. Untuk yang berkunjung ke Macau, hotel ini boleh masuk sebagai salah satu tempat akomodasi pilihan.

 

One thought on “Review Hotel Kou Va (Ko Wah) Macau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s