Ciwidey (2) : Situ Patengang or Situ Patenggang?

Naaaaaahhh,,,,

Awalnya mut bingung nyebut tempat ini patenggang atau patengang… Terus,, pas masuk ke lokasi wisatanya ada tulisan “Situ Patengan”. Yup! Mari mulai menggunakan nama yang benar.. Situ Patengan…🙂

Jadi ceritanya,, abis dari Kawah Putih kami melanjutkan perjalanan ke Situ Patengang. Berasal dari bahasa Sunda pateangan-teangan yang artinya saling mencari, Situ Patengang ini mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam,, Kisantang dan Dewi Rengganis,,,, Alkisah mereka telah berpisah sekiaaaaan lama. Karena cinta mereka yang begitu dalam, mereka pun saling mencari dan akhirnya di pertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”.

Batu Cinta

Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara / Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Dari Kawah Putih,, menuju Situ Patengang cukup mudah, tinggal meneruskan jalan kearah atas. Sepanjang jalan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan kebun-kebun teh yang hijaaaaaaauuuuuu membentang. Sekitar satu jam kemudian,, kami pun sudah tiba di lokasi.

Ticket

Hasil pengamatan kami dilokasi, banyak wisatawan yang berpiknik ria disini.. Soalnya suasananya teduh,, jadi tinggal gelar tikar,, bawa rantang,, voalaa! jadii deh..😉 Selain itu,, tujuan utama wisatawan datang ke sini adalah buat nyebrang ke Batu Cinta dan mengelilingi pulau.. Agaaarrr,,, seperti mitos yang udah mut ceritain di atasss,, qta dapat bertemu sang cinta sejati… Prikitiiiiw…!😀

Untuk menyeberang ke batu cinta dan mengelilingi pulau dikenai biaya IDR 20.000 per orang (pulang-pergi), dengan perahu dayung tradisional. Atauu,, bisa juga dengan mengayuh bebek2an bermuatan dua orang seharga IDR 30.000 untuk satu jam.

Another Photo..

4 thoughts on “Ciwidey (2) : Situ Patengang or Situ Patenggang?

  1. Cool.. Kapan2 kita ksna lagi yukk..!
    Naik perahunya serrruuu..
    Lain kali.. Kita nyobain kereta airnyaaaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s