Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Salah satu syarat dalam melamar pekerjaan adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang dikenal dengan SKCK. Walaupun ga semua perusahaan minta SKCK dalam persyaratan penerimaan karyawan, tapiii, kalau mau daftar ke perusahaan pemerintahan, biasanya SKCK merupakan salah satu syaratnya.

Akhirnya minggu lalu mut bertekad untuk membuat SKCK. Kata orang,, membuat SKCK tuh harus ke RT, RW, Kecamatan, Kelurahan, Polsek, Polres,, baru kelar. Fiuh, awesome rite..? Setelah sekian lama membayangkan betapa ribet, lama, dan susahnya membuat sebuah SKCK, pulanglah saya ke kota halaman,, tangerang tercinta. Berbekal waktu yang `hanya tiga hari`, mut pun bergerilya demi mendapatkan surat sakti itu. Eeeaaa,, bergerilya bo`..!

Langkah pertama adalah pergi ke rumah pak RT. Berhubung biasanya bapak-bapak tu di siang harinya kerja, jadi aja mut dateng ke rumah pak RTnya malem-malem. Ternyataaaa,,, pak RT.nya lagi pulang kampung. Hufh… Untungnya istri pak RT ngasih solusi. Ke rumah sekretaris RT aja mba.., gitu. Alhasil, malam itu juga pergilah saya ke rumah pak sekretaris RT yang jaraknya cuma 50 meteran dari pak ketua RT, dan diterima sama mas-mas saudaranya pak sekretaris RT. Ternyataaaa,,,,, pak sekretaris RTnya belom pulang. Bertanyalah saya, kira-kira bapaknya pulang jam berapa ya mas? dijawab, biasanya jam 9an mba.. Rajin kalilah pak sekretaris RT ini kerja mpe malem..

Besok paginya, jam 7 langsung menuju rumah pak sekretaris RT, dan langsung diterima sama si bapak. Trus diminta fotokopi KTP buat bikin surat pengantar, dan disuruh balik lagi ke rumahnya sekitar setengah sembilan. Biayanya? Nihil.. Terus, abis itu, minta tanda tangan + cap ke rumah pak RW.

Eeeh,, pak RWnya pun lagi keluar. Kata anaknya nanti balik jam 10 bapaknya. Yawdah, suratnya mut titipin aja deh, trus si anak pak RWnya dengan sukarela menawarkan untuk nganterin ke rumah. Uooooo,,, baik nian..

Jam 10 kurang, surat pengantar dah beres. Biayanya? Nihil…

Setengah sebelas kurang, pergilah mut ke kantor kelurahan buat minta surat pengantar juga. Entah karena sepi, atau memang keadaannya begitu, proses di kantor kelurahan ini tergolong cepat. Sekitar setengah jam, dah jadi tu surat. Biayanya? 10 ribu rupiah..

Polres tujuan berikutnya.. Nyampe di polres teh udah jam 1.15. Dan ternyata, jam layanan untuk pembuatan SKCK di polres tangerang adalah dari jam 8-13. Jadiiii,,, balik lagilah saya esok paginya. Proses pembuatan SKCK di polres tangerang juga terbilang cukup cepat, kurang lebih satu jam dah jadi. Apa karena mut datang pagi-pagi dan di hari jumat ya? Hmm..

Alurnya, begitu datang kita langsung ke loket pendaftaran SKCK, terus ngasih syarat-syarat buat bikin SKCK. Abis itu, mut dikasih formulir yang mesti diisi. Formulirnya tentang data diri, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, sampai ke nama orang tua, ciri-ciri fisik, asal sekolah gituu.. Dari situ, mut pergi ke bagian sidik jari. Disini lagi-lagi mut ngisi data, nama, alamat, tanggal lahir, plus ciri-ciri fisik yang lebih khusus, kayak bentuk muka, warna mata, warna rambut, gituuu… Biaya sidik jari? Seikhlasnya aja neng.. Gitu kata bapaknya.

Abis dari sidik jari, balik lagi ke loket pendaftaran buat dibikinin beneran SKCKnya. Setelah jadi, ke fotokopian trus dilegalisir deh. Biayanya? Berapa aja mba..

Padahalllll,, di depan loket itu tertulis, Tidak Dipungut Biaya. Huoooh….

The conclusion were..

Yang mesti disiapin buat bikin SKCK baru di Kota Tangerang (mungkin di beberapa daerah berbeda ya…):

1. Fotokopi KTP, 1 lembar

2. Pasfoto berwarna 4 x 6, 3 lembar

3. Surat pengantar dari kelurahan, yang baru bisa didapat setelah ada surat pengantar dari RT dan RW, tanpa perlu ke kecamatan dan polsek.

Waktu yang diperlukan untuk buat SKCK baru, maksimal 3 hari. Kalau niat, semalam sehari pun jadi. Biaya yang diperlukan,, hmm,, berapa yaa… Serelanya, mungkin kata yang tepat. Kalau buat perpanjang SKCK, syaratnya lebih ringan:

1. SKCK yang lama

2. Fotokopi KTP, 1 lembar

3. Pasfoto berwarna 4×6, 2 lembar

So,, berniat untuk mengurus SKCK jugakah? Mari, mari…

5 thoughts on “Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s