SIM Keliling Kota Tangerang

“Arghh…! Masa berlaku SIM dah abis. Mesti perpanjang SIM. Kudu ke polres deh. Ah,, ribet…!” Itu mungkin pendapat mut waktu memikirkan tentang cara memperpanjang Surat Ijin Mengemudi yang telah habis masa berlakunya. Selidik punya selidik, berkat bantuan Pakde Google juga, ternyata sekarang ada yang namanya SIM Keliling loh yang melayani perpanjangan SIM A ataupun C. Hwaw!

Perpanjangan SIM saat ini mayoritas dilakukan di kota yang sesuai dengan KTP asal, baik untuk di polres ataupun di SIM Keliling. Untuk info SIM Keliling di kota masing-masing bisa ditanya melalui SMS ke 1717. Contoh SMSnya seperti “Info Jadwal SIM Keliling Kota Tangerang.” Nanti akan ada balasan info jadwal ataupun nomor kontak SIM Keliling yang bisa dihubungi.

Untuk wilayah Kota Tangerang, jadwal SIM Keliling adalah sebagai berikut:

  • Senin: Plaza Shinta Cimone
  • Selasa: Pos Polisi Pinang Cipondoh
  • Rabu: Perumahan Taman Royal Cipondoh
  • Kamis: Plaza Shinta Cimone
  • Jumat: City Mall Pasar Baru
  • Sabtu: Mall Metropolis Cikokol
  • Minggu: Carrefour Batu Ceper

Dengan hasil SMS ke 1717 demikian: “Untuk info sim keliling tangerang anda bisa menghub di NO TLP 99516664, 5525352. atau di no 55795962 atau di polres tangerang di no 5584779.”

Alhasil, mut memutuskan untuk memperpanjang SIM di SIM Keliling Plaza Shinta Cimone. Usahakan datang ke lokasi sebelum jam 8 yaa, biar dapet urutan depan. Mut tiba di lokasi jam 07.15an. Jangan lupa,, tanya dulu ke Pak Satpam atau Penjaga Loket Parkiran dimana letak SIM Kelilingnya mangkal. Jangan lupa juga buat nanya-nanya, ada pendaftarannya apa tidak. ;D

Untuk di lokasi yang mut datangi, Plaza Shinta Cimone, SIM Kelilingnya akan berada deket tempat kursus bahasa inggris PEC (upz! nyebut merek! :p). Sebelumnya kita mesti daftar dulu ke mas-mas. Nah,, disini ada sebagian orang yang dimintai bayaran sama si mas-mas itu,, ada juga yang ga.. Tergantung ibadah nampaknya. Hahahaha…. ^ ^ Beberapa menit sebelum kedatangan si mobil putih biru (aka mobil SIM Keliling), akan ada bapak-bapak yang ngebagiin formulir buat diisi. Formulirnya tentang data diri + jenis SIM yang diminta. Formulir ini nantinya dikembaliin lagi ke si Bapak-bapak itu yang nantinya akan diserahkan ke pak polisi SIM Keliling.

Sekitar setengah sembilan, prosesi pembuatan SIM Keliling dimulai. Urutannya customer perempuan dulu baru laki-laki, although sometime I didn`t like it but for this time,, “you go Cop!” :D. Pembuatannya sendiri lumayan cepaat. Kita dipanggil namanya satu persatu, masuk ke dalam mobil, bayar biaya pembuatan SIMnya, di foto, dan Voala! jadilah SIM barunya..

So,, to wrap it up…

Untuk pembuatannya sendiri, perpanjang SIM (baik SIM A ataupun SIM C) menghabiskan biaya Rp 180.000. Jangan lupa bawa SIM yang aslinya, nantinya SIM ini akan diminta sama pak polisi SIM Keliling. Jangan lupa juga bawa KTP + Fotokopiannya juga, nantinya fotokopi KTP akan diminta juga sama pak polisinya.

That’s it. Arrived at 7.15, went home at 9.15. Two hours,, isn`t that great! :D

 

About these ads

7 thoughts on “SIM Keliling Kota Tangerang

    • Jika alamat ktp masih dalam wilayah hukum SATPAS tempat pembuatan SIM yang pertama, maka mas Anton silahkan ke SATPAS awal dan langsung melaksanakan perpanjangan.

      Jika ktp diluar wilayah hukum SATPAS awal, mas Anton silahkan kembali ke SATPAS awal untuk mencabut berkas / data awal mas Anton lalu data tersebut harap dibawa ke SATPAS baru dimana alamat baru mas Anton berdomisili, baru dapat melakukan perpanjangan. Tanpa mencabut berkas, mas Anton akan dipandang sebagai pemohon SIM baru yang otomatis akan melaksanakan ujian ulang di SATPAS yang baru.

      Catatan:
      - SATPAS adalah Satuan Penerbitan SIM, pada umumnya menjadi satu dengan Polres.
      - Wilayah hukum SATPAS = Wilayah hukum Polres, karena yang menandatangani SIM adalah Kapolres.

      *http://pelayanmasyarakat.blogspot.com/2008/10/sim-mati-ada-dendanya-gak-pake-ujian.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s